Info Lowongan Kerja Terbaru di Indonesia

Cara Mendapatkan Pekerjaan di Internet Paling Mudah

0

Dahulu mencari kerja dibilang susah-susah gampang. Kita harus bolak-balik ke perusahaan yang satu, ke perusahaan lainnya sambil membawa surat lamaran kerja. Akan tetapi, hasilnya belum tidak jelas atau ditolak. Sudah habis uang, waktu dan tenaga. Di era teknologi saat ini, dengan kehadiran internet segalanya jauh lebih mudah. Berikut cara mendapatkan pekerjaan di internet yang paling mudah.

Terobosan teknologi internet dapat membantu siapa pun lebih cepat, mudah, dan murah, termasuk perihal mencari pekerjaan. Anda tak perlu kerepotan lagi cari lowongan kerja, tidak seperti masa sebelum internet hadir. Teknologi internet dapat mengkoneksikan antara pelamar kerja dengan perusahaan pemberi lowongan kerja.

Pastinya, Anda sekarang ini sangat familiar dengan situs lowongan kerja yang hadir secara online untuk memberikan informasi terbaru dan terupdate tentang pekerjaan.

Ada banyak website pemberi informasi lowongan pekerjaan yang dapat membantu para pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan dirinya, bahkan pencari kerja dapat melamar kerja langsung secara online. Yang dibutuhkan pun tak banyak: koneksi internet, PC / smartphone, profil lengkap kandidat (CV & surat lamaran), serta tekad kuat untuk bekerja.

Berikut tips / cara mendapatkan pekerjaan di internet yang termudah agar Anda mendapatkan pekerjaan yang diimpikan lebih cepat.

#1 Menggunakan Website / Aplikasi Lowongan Kerja

Salah satu manfaat dari internet adalah media penghubung antara perusahaan pemberi pekerjaan yang mencari tenaga kerja baru dengan para pelamar kerja (kandidat). Di internet banyak sekali hadir portal-portal lowongan kerja, termasuk JobPedia.co.id. Tetapi, pelamar kerja harus cermat dalam memilih portal lowongan kerja terpercaya.

Tidak semua website lowongan kerja memberikan informasi dengan benar karena banyak terjadi penipuan yang berusaha memanfaatkan pencari kerja melalui biaya yang harus dibayar. Tidak ada penyedia lowongan kerja profesional yang membebankan biaya apapun, termasuk akomodasi / transportasi kepada pencari kerja.

Cara mendapatkan pekerjaan di internet yang termudah dan terpercaya adalah melalui JobPedia.co.id.

#2 Sesuaikan Pekerjaan dengan Profil Anda

Setelah menemukan website / portal lowongan kerja yang menyediakan informasi terbaru dan terupdate tentang ketersediaan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan, maka Anda harus mencari pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan profil diri Anda. Lihat apa kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan terhadap pencari kerja karena setiap posisi pekerjaan membutuhkan kualifikasi yang berbeda-beda.

Perusahaan pun tidak akan sembarangan merekrut pencari kerja, pasti ada persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan, seperti pengalaman kerja, keterampilan, latar belakang pendidikan, perilaku, dll. Itu beberapa faktor penting dalam perekrutan karyawan baru.

Saat Anda telah mendapatkan portal / website penyedia lowongan kerja, biasanya dibutuhkan akun untuk melakukan pendaftaran secara online. Maka, alangkah baiknya kamu mendaftarkan diri dan mengisi secara lengkap profil seperti keahlian, pengalaman kerja, prestasi, pendidikan secara lengkap dan jujur. Ini tentunya akan menjadi resume / CV online Anda yang akan dilihat oleh perusahaan dalam merekrut kandidat.

#3 Mengisi Variabel Pekerjaan

Selain poin nomor dua, Anda juga menentukan variabel lain dalam memilih lowongan kerja seperti industri pekerjaan, tipe / kategori pekerjaan, gaji yang diharapkan, full time / part time, jenis perusahaan, dan lain sebagainya. Pilih dan isilah sesuai dengan profil Anda.

Sebagai contoh, memilih pekerjaan sebagai sales di industri perbankan, atau sebagai programmer di industri kesehatan, dan tentunya banyak pilihan lainnya. Sederhananya, semua tinggal diklik sesuai dengan apa yang Anda harapkan dan inginkan sesuai dengan latar belakang dan pengalaman.

#4 Melamar Pekerjaan

Setelah mengisi dengan lengkap semua profil, Anda tinggal memilih pekerjaan yang sesuai dan melamarnya secara online. Biasanya ada dua cara yang paling umum, mendaftar langsung via website dengan klik “Apply” atau “Lamar”, atau mengirimkan resume / CV via email ke perusahaan.

Ikuti petunjuk dari setiap lowongan pekerjaan yang tersedia karena masing-masing perusahaan memiliki cara yang berbeda untuk mendapatkan pekerjaan, maka tinggal ikuti langkah tersebut. Data lamaran kerja yang Anda kirimkan tersebut akan langsung sampai ke perusahaan.

Perusahaan akan menyeleksi ketat setiap kandidat yang memiliki kesesuaian dengan kualifikasi / kriteria yang dipersyaratkan dari masing-masing pekerjaan. Setelah mengirimkan lamaran tersebut, pantau secara rutin perkembangan aplikasi lamaran kerja Anda. Biasanya, perusahaan akan menginformasikan via email atau telepon untuk proses selanjutnya.

Sambil menunggu aplikasi lamaran kerja yang dikirimkan, Anda bisa mengirimkan berkas lamaran kerja ke beberapa perusahaan. Ini untuk mengantisipasi jika aplikasi lamaran kerja ditolak oleh perusahaan.

Apabila perusahaan tertarik dengan aplikasi lamaran kerja yang Anda kirimkan, maka mereka akan menghubungi dan akan menjadwalkan wawancara. Anda bisa membaca tips wawancara kerja ini.

So, cari kerja saat ini bukan hal sulit, ada banyak cara mendapatkan pekerjaan di internet yang bisa dilakukan dan salah satunya seperti dijabarkan dalam panduan di atas. Semoga Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan segera, semangat!

Sumber Helpster.Asia
Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.