Info Lowongan Kerja Terbaru di Indonesia

10 Tips Sukses Berkarir di Pekerjaan Baru

0

Anda sedang mencari pekerjaan baru? Sebagian besar orang mengganti karier / pekerjaannya karena berbagai alasan. Sebelum mengganti pekerjaan Anda, simak sepuluh tips sukses berkarir di pekerjaan baru ini.

Alasan-alasan orang mengganti pekerjaannya bisa jadi tujuan atau karier Anda telah berubah, mungkin Anda menemukan minat baru di pekerjaan lain, mungkin ingin menghasilkan lebih banyak uang atau memiliki jam kerja yang lebih fleksibel. Itu beberapa alasan utama yang mendasari orang berpindah karier atau pekerjaannya.

Sebelum memutuskan untuk pindah karier, penting bagi Anda untuk dapat meluangkan waktu melakukan evaluasi kondisi saat ini, mengekplorasi pilihan karir, memutuskan apakah memang perlu mengganti pekerjaan Anda saat ini, dan memilih karier seperti apa yang lebih membuat Anda puas.

Ada banyak alasan berbeda mengapa seseorang ingin mengubah pekerjaan / kariernya. Tentu saja, ini adalah keputusan pribadi yang melibatkan banyak faktor. Setidaknya, ada lima alasan utama orang ingin mengganti pekerjaannya, yakni:

  1. Mendapatkan Penghasilan / Gaji Lebih Baik
  2. Terlalu Stres dengan Pekerjaan Saat ini
  3. Ingin Tantangan Baru
  4. Keseimbangan antara Pekerjaan dengan Kehidupan (Keluarga, misalnya)
  5. Tidak Lagi Bergairah di Bidang Pekerjaan Sekarang

Ada beberapa manfaat yang didapatkan jika seseorang mengganti pekerjaan atau kariernya, diantaranya:

  • Lebih bahagia
  • Lebih puas
  • Lebih terpenuhi kebutuhannya
  • Mengurangi stres

Selain manfaat di atas, orang-orang yang mengganti pekerjaannya menghasilkan lebih banyak uang. Ada banyak orang yang mengubah kariernya mendapatkan gaji dan tunjangan yang lebih baik setiap bulannya daripada posisinya saat ini.

10 Tips Sukses Berkarir di Pekerjaan Baru

tips sukses berkarir
Ingin sukses berkarir di pekerjaan baru? Ikuti 10 tips berikut ini.

Jika Anda berniat akan mengganti atau mencari pekerjaan baru, tinjau beberapa kiat berikut untuk menilai minat, menjelajahi opsi-opsi yang ada, mengevaluasi jalur karier alternatif, dan berpindah ke karier yang baru.

1. Evaluasi kepuasan kerja saat ini

Tips sukses berkarir di pekerjaan baru nantinya adalah melakukan evaluasi terhadap kepuasan kerja saat ini. Buat jurnal yang memuat catatan Anda terhadap situasi pekerjaan saat ini dan carilah kondisi-kondisi yang terus berulang.

Aspek-aspek apa saja dari pekerjaan sekarang yang tidak disukai atau disukai. Apakah ketidakpuasan Anda terkait dengan bidang pekerjaan, budaya perusahaan, atau orang yang bekerja dengan Anda.

Saat melakukan evaluasi ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pada pekerjaan saat ini untuk membantu Anda bersiap melanjutkan ketika saatnya melakukan perubahan karir.

2. Menilai minat, keterampilan, dan passion Anda

Tips sukses berkarir berikutnya adalah meninjau peran sukses di masa lalu, proyek / pekerjaan untuk mengidentifikasi aktivitas dan keterampilan yang disukai.

Tentukan apakah nilai-nilai inti dan keterampilan Anda dapat tertampung dengan baik di pekerjaan saat ini. Ada alat online gratis yang dapat digunakan untuk membantu Anda menilai alternatif karier. (Baca Juga: 8 Tips Melamar Kerja Online)

3. Mempertimbangkan karier alternatif

Pertimbangkan untuk mencari karier alternatif. Ini tips sukses berkarir di pekerjaan baru. Hal ini dilakukan dengan cara meneliti pilihan karier yang ada mendiskusikan nilai inti dan keterampilan Anda bersama dengan keluarga, teman, atau partner kerja.

Jika kesulitan untuk mendapatkan ide karier tersebut, pertimbangkan untuk bertemu dengan konselor karier profesional.

Info Lainnya...
1 dari 3

4. Mencari opsi pekerjaan

Melakukan evaluasi komparatif awal dari beberapa bidang pekerjaan dalam rangka mengidentifikasi beberapa target dalam riset yang mendalam.

Anda bisa menemukan beragam informasi secara online yang terkait dengan pekerjaan-pekerjaan yang menarik minat dan bakat Anda di Google.

5. Ketahui lebih mendalam tentang bidang pekerjaan tersebut

Cari tahu sebanyak mungkin tentang bidang pekerjaan tersebut dan hubungi kontak pribadi di sektor tersebut untuk menggali informasi lebih banyak. Sumber kontak yang baik untuk mendapatkan informasi adalah jaringan karir alumni perguruan tinggi.

LinkedIn merupakan sumber daya bagus lainnya untuk menemukan kontak di bidang minat karier tertentu.

6. Amati profesional di bidang pekerjaan utama

Jika Anda memiliki minat utama di bidang pekerjaan tertentu, maka carilah orang yang profesional di bidang tersebut. Amati dengan baik bagaimana profesional tersebut bekerja. Anda bisa bekerja magang terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana pekerjaan yang sesuai dengan minat utama Anda.

7. Mencoba pekerjaan tersebut

Tips sukses berkarir berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi aktivitas relawan atau freelance yang terkait dengan bidang pekerjaan yang menjadi minat utama Anda.

Sebagai contoh, jika Anda tertarik / berminat dengan pemeliharaan hewan, cobalah menjadi sukarewalan atau freelance di tempat penampungan hewan.

8. Mengikuti kelas pelatihan

Carilah peluang pelatihan atau pendidikan yang akan memjembatani latar belakang Anda dengan bidang pekerjaan baru tersebut. Pertimbangkan untuk mengambil kursus akhir pekan atau kursus online.

Luangkan waktu satu hari atau seminar di akhir pekan. Hubungi kelompok profesional di bidang pekerjaan yang menjadi target utama Anda.

9. Meningkatkan keterampilan

Carilah cara untuk mengembangkan keterampilan baru dalam pekerjaan Anda saat ini yang akan menjadi jalan bagi perubahan. Sebagai contoh, tawarkan untuk membuat proposal kerjasama atau bisnis jika penulisan proposal dibutuhkan di bidang pekerjaan baru Anda.

Jika perusahaan menawarkan pelatihan in-house, daftarlah ke kelas-kelas pelatihan sebanyak mungkin. Ada beberapa cara memposisikan diri Anda untuk perubahan karier tanpa harus kembali ke kampus (pendidikan).

10. Pertimbangkan pekerjaan baru di industri yang sama

Tips sukses berkarir di pekerjaan baru yang terakhir yakni mempertimbangkan peran alternatif di industri yang sama dengan pekerjaan saat ini. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan pengetahuan industri yang sudah dimiliki.

Misalkan, Anda adalah seorang manajer toko di jaringan ritel besar dan bosan dengan jam kerja malam atau akhir pekan, pertimbangkan untuk pindah di posisi perekrutan perusahaan pada industri ritel.

Atau jika Anda adalah seorang programmer yang tidak ingin membuat program / aplikasi, pertimbangkan untuk berposisi di penjualan teknis atau manajemen proyek.

Sumber www.thebalancecareers.com

Tinggalkan Balasan

Data Email Anda Aman dan Tidak Akan Pernah Disalahgunakan.