Tips Karir & Pekerjaan

Cari Lowongan Kerja Online? Ini 5 Tips Cerdasnya!

Pada era digital yang serba praktis dan canggih saat ini, kamu bisa mendapatkan segala informasi dan mudah untuk melakukannya hanya dengan klik saja, termasuk cari lowongan kerja online. Untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan dan melamar kerja secara online, ini beberapa tips bermanfaat untukmu.

Tak hanya sekedar cari lowongan kerja secara online dengan klik-klik saja, juga dibutuhkan keterampilan dan kecermatan dirimu dalam menemukan pekerjaan di internet. Kemudahan dalam mendapatkan informasi bukan berarti kamu mengabaikan beberapa aspek penting terkait karir dalam hidupmu.

Dibutuhkan strategi yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian secara daring. Agar usaha yang kamu lakukan tidak sia-sia belaka. Sebelumnya, kami sudah memberikan 8 tips melamar kerja secara online yang juga penting untuk diketahui dan dipahami.

Berikut beberapa tips cari lowongan kerja online yang perlu diperhatikan.

#1 Menentukan tujuan kariermu

Ini hal pertama yang perlu kamu tetapkan terlebih dahulu sebelum mencari pekerjaan yang sesuai secara online. Kamu perlu memiliki dan mengetahui gambaran dan rencana jelas tentang arah kariermu di masa depan sebelum mencari pekerjaan.

Tujuan karier yang perlu ditetapkan seperti mendapatkan pengalaman kerja, mendapatkan pekerjaan tetap, membangun kredibilitas dan integritas dirimu, atau tujuan karier lainnya.

Jika kamu sudah menetapkan tujuan kariermu tersebut, akan jauh lebih mudah untuk memilih pekerjaan yang memang benar-benar sesuai dengan dirimu. (Baca Lebih Lanjut: 6 Cara Mudah Menentukan Pilihan Karir Yang Tepat)

#2 Memvisualisasikan perusahaan yang ideal

Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah visualisasikan dengan cermat seperti apa perusahaan ideal menurut versimu. Tak dipungkiri, kamu saat ini memang sedang membutuhkan pekerjaan. Akan tetapi, perlu juga diperhatikan untuk mengetahui seperti apa batasan-batasan yang dapat ditoleransi terkait apa yang perusahaan dapat berikan.

Misalkan, apabila kamu mendapatkan pekerjaan yang memiliki deskripsi kerja yang tidak seimbang / sesuai dengan penghasilan yang didapatkan, maka perlu dipikirkan lagi pekerjaan tersebut.

Tetap dibutuhkan standar ideal perusahaan versimu sendiri agar kamu dapat nyaman dan betah untuk bekerja di perusahaan tersebut. Perlu penyesuaian karakter perusahaan tempat kamu bekerja dengan karaktermu tersebut.

#3 Mengetahui latar belakang perusahaan

Ada banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan bagi para job seeker. Kamu harus benar-benar mengenali terlebih dahulu perusahaan tempat kamu melamar kerja. Perhatikan dengan seksama perusahaan seperti apakah tempat kamu bekerja tersebut, bagaimana ulasan para pencari kerja lainnya, cakupan posisi pekerjaan yang kamu dapatkan tersebut.

Kamu dapat mempersiapkan diri dengan mengenal perusahaan tempat kamu melamar kerja dengan lebih baik lagi. Hal ini penting apabila kamu mendapatkan panggilan wawancara kerja, akan jauh lebih baik mengetahui pekerjaan tersebut.

#4 Cermat dalam memilih dan meneliti

Poin penting berikutnya yaitu dibutuhkan kecermatan dengan membuat daftar (list) tentang apa saja yang ingin kamu periksa dari pekerjaan dan perusahaan tempat melamar kerja tersebut.

Sebaiknya, kamu tidak asal-asalan dalam memasukkan lamaran kerja, dibutuhkan ketelitian apakah lowongan kerja tersebut palsu atau tidak. Ini dilakukan agar kamu tidak salah memilih pekerjaan yang berujung pada aksi penipuan.

#5 Memilih portal lowongan kerja yang tepat

Ada banyak portal lowongan kerja yang memberikan informasi tentang loker terpercaya, salah satunya JobPedia.co.id. Diluar sana, juga banyak website lowongan kerja yang sekedar asal-asalan dalam menginformasikan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Perlu sikap cermat dan teliti dalam memilih website lowongan kerja yang memang memiliki kredibilitas dalam menginformasikan pekerjaan kepada para pencari kerja.

=======

Itulah sekiranya beberapa tips cari lowongan kerja online yang perlu diperhatikan oleh semua para pencari kerja. Kehadiran teknologi tentu saja dapat membuat penggunanya lebih mudah dalam hidup, termasuk mendapatkan pekerjaan secara online. Semoga kamu mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang memang sesuai dengan impianmu selama ini, selamat mencari pekerjaan!

Postingan ini dimodifikasi pada 18 November 2018 5:53 pm

Jobpedia.my.id

Portal Lowongan Kerja Terbaru di Indonesia

Disqus Comments Loading...

Postingan Terkait

10 Tips Sukses Berkarir di Pekerjaan Baru

Anda sedang mencari pekerjaan baru? Sebagian besar orang mengganti karier / pekerjaannya karena berbagai alasan.…

% yang lalu

5 Tips Interview Kerja Pertama Kali Agar Lancar

Bagi Anda pelamar kerja yang baru kali pertama melakukan wawancara kerja, seringkali merasa kebingungan. Hal…

% yang lalu

Lowongan Kerja PT Greechain Trucks International

Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi truk heavy-duty merek Sinotruk sedang membutuhkan karyawan baru. Berikut…

% yang lalu

Lowongan Kerja Admin Sales PT Intipedia Lentera Indonesia

Perusahaan distributor produk teknologi informasi yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang, Banten sedang membutuhkan karyawan…

% yang lalu

Loker PT STOQO Teknologi Indonesia Terbaru

Perusahaan distributor sembako online untuk beragam bisnis kuliner sedang membutuhkan banyak karyawan baru. Bagi Anda…

% yang lalu

Lowongan Management Trainee Koperasi Kasih Indonesia

Salah satu koperasi swasta yang berlokasi di Jakarta Utara sedang membutuhkan karyawan baru. Untuk Anda…

% yang lalu